Perpanjangan STNK

Pagi tanggal 25 Juli 2011, saya baru nyadar bahwasanya masa berlaku STNK Mobil tinggal 2 hari. Secara saya biasanya menyerahkan urusan perpanjangan STNK ke pihak ketiga, namun kali ini sepertinya saya ingin mencoba memperpanjang sendiri.

Berangkat pagi-pagi ke P*lda M*tro Jaya, dijalan saya sudah membayangkan betapa penuhnya antrian orang yang akan melakukan perpanjangan STNK. Wah alamat, hari itu akan saya habisnya untuk menunggu perpanjangan STNK. Sempat berpikir apakah harus menggunakan jasa cal* atau ga, hehehe minimal untuk mempercepat proses perpanjangan karena hari itu ada kegiatan lain.

Sampai di Samsat P*lda Metr* Jay*, dipintu masuk dipasang Plang “Dilarang berhubungan dengan Calo”. Secara saya baru kali itu menginjak S*m*sat P*lda M*tro, Hmm jadi penasaran saya, “Kita buktikan realisasinya didalam hehe”, batin saya.

Dengan menggandeng anak saya, saya menuju ke depan meja resepsionis. Lebih baik bertanya daripada tersesat dijalan kan.

“Maaf pak, kalau mau perpanjangan STNK disebelah mana?”, tanya saya

“Oh di situ bu,”, sambil menunjuk ke loket pendaftaran paling ujung

“Oke terima kasih”, jawab saya langsung bergerak ke loket yang ditunjuk

Sampai didepan loket, saya diminta petugas untuk mengambil formulir pendaftaran perpanjangan STNK setelah itu langsung menuju ke meja untuk mengisi form.

Namun mejanya sudah penuh dengan orang dan bolpennya ga ada satupun yang nganggur. Didekat meja berdiri seorang satpam. Dengan sopan saya bertanya, “Maaf pak, bolehkah saya pinjam bolpen?”, tanya saya.

“Boleh bu, Ibu sudah tahu cara mengisi formnya?”, tanyanya

“Hmm Saya baru baca sekilas Pak”, jawabku jujur.

“Sini bu saya isikan formnya, Mana STNK nya? Ibu langsung ke tempat fotocopian yang diujung sana”, jawabnya sambil mengambil STNK, menyerahkan bagian pajak yang harus diperpanjang dan menyuruh untuk menyiapkan BPKB, KTP untuk difotokopi

Jangan-jangan STNK dibawa lari, haha, lha ini kan kantor P**isi, masak iya ada yang berniat jahat. Kebangetan itu mah. Maaf..suudzon. Astagfirullah…Kutepis prasangka itu dan berjalan menuju ke loket fotokopi.

Setelah selesai fotokopi, saya kembali ke Bapak Satpam yang telah berbaik hati mengisikan formulir perpanjangan.

“Ini bu sudah selesai formulirnya. Nanti ibu lampirkan fotokopi BPKB, kopi KTP, kopi STNK dan formulir yang sudah diisi. Jangan lupa formulirnya ditandatangani dl”, katanya

“Terima kasih Pak”, sambil merogoh tas dan mengeluarkan beberapa lembar uang sebagai tips.

Tapi dengan halus dia menolak. “Tidak usah bu, terima kasih”, jawabnya

Melongo saya beberapa detik. Oh rupanya masih ada orang baik di Jakarta. Setelah mengucapkan terima kasih dan tersenyum segera saya melanjutkan ke loket berikutnya sesuai arahan Bapak tadi.

Di loket pendaftaran, saya memasukkan berkas-berkas yang dipersyaratkan. Namun berhubung ini sudah tahun kelima alias harus ganti plat jadi diwajibkan untuk cek fisik dl.

Saya pun mengarahkan mobil ke tempat cek fisik, dibantu beberapa petugas cek fisik, 5 menit akhirnya selesai. Petugas menggesek nomor mesin dan nomor rangka pada sebuah stiker dengan menggunakan pensip 2 B.

Setelah mobil selesai dilakukan cek fisik, saya disuruh menuju ke loket untuk mendapatkan approval atau semacam tanda bahwa nomor mesin dan nomor rangka itu benar adanya.

Tapi, kalau yang lain harus menyerahkan kopi BPKB, kopi STNK, kopi KTP dan formulir, saya Cuma menyerahkan bukti cek fisik aja tanpa harus menyerahkan kopi BPKB, kopi STNK, kopi KTP dan formulir dan didahulukan, qeqeqe, langsung mendapat tanda approval.

He, Alhamdulillah mendapat kemudahan, ga perlu ngantri panjang.

Selesai cek fisik, saya kembali ke gedung utama dan memasukkan berkas-berkas sekaligus bukti cek fisik ke loket pendaftaran.

Tik tok tik tok, ga perlu menunggu lama, kira-kira 7 menit akhirnya nomor saya dipanggil. Kemudian saya diminta untuk menuju ke loket pembayaran.

Sampai diloket pembayaran saya menyerahkan berkas-berkas yang saya dapat dari loket pendaftaran. Kemudian beberapa menit kemudian petugas yang kebetulan adalah ibu-ibu menyodorkan  selembar kopi STNK yang bertuliskan sejumlah nominal yang harus dibayar untuk pajak kendaraan bermotor. Setelah saya menyodorkan uang, beliau menyarankan saya untuk langsung menuju ke pabrik plat.

“Mbak daripada nunggu kelamaan, biasanya kalo perpanjangan STNK yang harus ganti plat agak lama, Mbak langsung ke Pabrik Plat aja, letaknya disebelah tempat cek fisik”, jawabnya. Ramah sekali. Wah jadi teringat bude saya, pembawaannya juga halus banget.

“Iya ibu, kalo gitu saya ke pabrik plat dulu ya bu, terima kasih”, jawab saya sambil tersenyum.

Segera saya menuju ke pabrik plat seperti arahan ibu tadi dan menyerahkan tanda bukti pembayaran. Lima menit menunggu, plat sudah jadi. Masih basah. Tangan saya kena cat, tapi gpp, no problem. Lima menit menunggu kering, saya kembali ke gedung utama. Jarak yang agak jauh dari gedung utama dan pabrik plat memang membuat saya jadi mondar mandir mirip setrikaan kalo saya pikir. Tapi gpp, namanya juga mengikuti prosedur. Yang penting perpanjangan beres dan ga sampe kena denda hehe.

Masuk ke gedung utama, AC nya benar-benar dingin. Wah saya baru nyadar kalo diluar panas banget qeqeqe. Apalagi saya bawa anak saya, tapi untungnya ga rewel dan seneng-seneng aja ngikutin mamanya mondar mandir ngurus perpanjangan STNK.

Menunggu 5 menit, nama saya dipanggil. Ibu tadi menyerahkan STNK baru yang sudah diperpanjang.

Seluruh proses selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Saya acungi jempol dengan kinerja Samsat P*lda M*tro J*aya, Good. Cepet dan ga membuat nasabah menunggu terlalu lama. Hehe.

Sebenarnya ada juga Samsat keliling disetiap wilayah, cuma waktu itu saya ga sempet nyari jadwal operasinya keburu STNK nya KADALUARSA jadi saya urus sendiri ke Sam*at P*lda Me*tro J*ya. So far pelayanan Perpanjangan STNK S*msat cepet kok. Alhamdulillah, sekali lagi saya diberi kemudahan. Terima kasih Ya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s