Siapa bilang menulis itu mudah

Saya akui menulis itu sulit, pada awalnya. Terutama pada saat menuliskan kata pertama. Pernah ada ketakutan, tulisan akan terlihat kurang menarik. Tapi ketakutan itu hilang dengan cara mensugesti diri, sering membaca buku-buku tentang cara menulis yang menarik dan banyak mengamati karya penulis lain.

Berdasarkan pengalaman saya, terdapat tujuh hal yang perlu diperhatikan pada saat menulis supaya tulisan menjadi menarik

1. Menentukan tema
Tema bisa didapat dari mana saja, bisa terinspirasi dari kegiatan/aktivitas orang lain, dari pengalaman pribadi atau bisa juga dari hasil imajinasi. Adalah penting untuk mendokumentasikan bakal tema tersebut.

Saat inspirasi/ide datang, coba tulis dalam secarik kertas, kemudian rangkum dalam sebuah file. Kumpulan ide/bank of ideas tersebut bisa membantu anda pada saat anda mengalami kebuntuan menentukan tema tulisan anda.

2. Membuat kerangka tulisan
Dari tema yang dipilih, breakdown menjadi beberapa point/sub ide. Usahakan point-point ide tersebut masih berkorelasi dengan tema yang dipilih.

3. Mengembangkan kerangka karangan
Bagian yang tersulit adalah menuliskan kata pertama. Biarkan tangan anda bekerja. Tulislah yang ingin anda tulis, jangan batasi diri anda untuk menulis. Jika ingin melakukan editing lakukan pada tahap terakhir yaitu pada saat penyempurnaan tulisan. Usahakan tulisan yang dibuat masih mengacu pada kerangka karangan yang telah anda buat sebelumnya.

4. Jadilah diri anda sendiri
Style atau gaya menulis masing-masing orang tidak sama. Jadilah diri anda sendiri. Saat menulis, lupakan sejenak penilaian orang lain tentang tulisan anda. Anggap anda adalah orang yang paling tahu apa yang anda tulis. Hal ini akan bermanfaat menaikkan rasa percaya diri anda. Berkreasilah pada tulisan anda.

5. Menulislah dengan nyaman
Pada saat anda menulis, berikan kenyamanan pada diri anda. Rilexkan pikiran anda. Kalau perlu siapkan es teh manis, atau tutup telinga anda dengan earphone supaya anda bisa berkonsentrasi.

6. Lakukan editing/finalisasi pada tulisan anda
Sebelum anda kirim karya anda ke blog/di social media, review sekali lagi tulisan anda. Baca ulang dari atas. Lakukan editing pada kata yang kurang pas atau kurang tepat. Setelah yakin, submit tulisan anda. Tunggu respon dan masukan dari pembaca.

7. Seringlah berlatih menulis
Last but not least, satu point yang saya pelajari. Menulis sebetulnya tidak sulit. Menulis bisa karena biasa. Anda hanya perlu membiasakan diri untuk menulis. Perhatikan cara penulis lain dalam menyampaikan ide pada tulisannya. Kembangkan bakat anda.

Jadilah diri anda sendiri
Berikan karya anda untuk orang lain
Berbanggalah dengan hasil dan achievement yang akan anda capai dalam tulisan anda

Try to realize it..
Because the world cannot struggle without creations.
Just be part of it.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s