Budidaya Kepiting Soka- Bisnis yang menjanjikan?

Jika Anda penggemar masakan kepiting, namun masih saja direpotkan dengan cangkang kepiting yang keras, kini Anda tak perlu repot-repot lagi memisahkan daging dari cangkangnya.

Kepiting soka adalah menu masakan yang berbahan dasar dari kepiting muda yang memiliki kulit atau cangkang yang empuk. Sebenarnya, Kepiting soka adalah kepiting yang sedang mengalami proses ganti kulit. Cangkang dan batok atau tempurungnya lembut sehingga dapat dimakan.

Budidaya kepiting soka dapat dilakukan jika kawasan pantai sepanjang 42 kilometer dikelola dengan baik dengan cara menanami pesisir mangrove. Kepiting Soka memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga dapat dijadikan mata pencaharian baru masyarakat pesisir kabupaten setempat.

Saat ini harga kepiting soka mencapai Rp75.000 per kilogram, jadi budidaya ini dapat meningkatkan penghasilan petani tambak. Namun salah satu kendala yang dihadapi untuk merealisasikan budidaya tersebut adalah kerusakan hutan mangrove.

Salah satu penyebab kerusakan mangrove adalah abrasi pantai, sedangkan abrasi itu sendiri dipicu oleh pembangunan infrastruktur sepanjang pesisir.

Oleh karena itu, diperlukan  pelatihan yang dilakukan oleh tiga Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD) untuk menangani masalah tersebut. Ketiga SKPD itu adalah Kantor Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan.
Kepiting jenis yang dikenal dengan nama kepiting soka (soft shell-red), Sebenarnya bukan spesies kepiting baru, melainkan hasil rekayasa pembudidaya dalam memperlakukan molting atau pergantian cangkang. Fakta itu tak ayal membuat popularitas kepiting soka naik.

Keunikan kepiting inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta untuk membudidayakannya. Tidak hanya itu, harga jualnya yang melebihi kepiting biasa, menjanjikan keuntungan yang berlipat.

Beli bibit dari nelayan Rp 17000 per kilogram isi 10 ekor, sementara setelah di molting harganya bisa mencapai Rp 65000 per kilogram dengan jumlah yang sama, 10 ekor.

Otomatis keuntungan pun semakin menggunung. Dalam satu bulan, bisa meraup laba hingga Rp 6 juta – Rp 10 juta.

Permintaan/demand dari kepiting soka terhitung tinggi namun untuk mendapatkannya dikota-kota besar sepertinya masih menjadi hal yang tidak mudah. Saya belum menemukan kepiting soka dijual di waralaba besar seperti Carrefour ataupun Hypermart.

Wow sebuah kesempatan apabila anda dapat menjalin kerjasama dengan waralaba besar seperti Carrefour/Hypermart di kota-kota besar. Bisa jadi yang terjadi adalah anda yang kesulitan memenuhi permintaan dari pelanggan…hehe dreaming.

Terlebih jika kepiting soka sudah masuk ke Restaurant. Satu hidangan Kepiting soka yang  ditawarkan bisa mencapai Rp. 75.000 rupiah. Wow sebuah harga yang lumayan mahal untuk satu porsi makanan yang terdiri dari 3-4 kepiting soka.

Nah now back to topic:

Untuk membuat masakan kepiting soka ini, tidaklah rumit. Pertama potong kecil-kecil kepiting muda yang akan dimasak menjadi masakan kepiting soka. kemudian, diaduk dengan adonan yang terdiri dari campuran tepung terigu dan kuning telur. setelah tercampur, kepiting pun siap digoreng.

Untuk menciptakan cita rasa yang istimewa, penggorengan dilakukan dua kali. Sebelum digoreng untuk kali kedua, dibuat dulu campuran bumbu yang terdiri dari mentega, telur asin, kecap, keju merica serta garam.

Setelah selesai, tuangkan kembali kepiting bersama bumbu yang telah dibuat, diatas wajan hingga bumbunya meresap. Tidak perlu lama, hanya sekitar dua menit, masakan kepiting soka rasa telor asin pun siap disantap.

atau resep yang lebih simpel lagi Kepiting Soka Goreng:

Bahan:
4 ekor (600 g) kepiting soka*)
2 butir telur ayam
3 siung bawang putih, parut
50 g tepung maizena
100 g tepung terigu
1 sdt merica bubuk
1 1/2 sdt garam
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

– Cuci bersih kepiting soka, buang insangnya. Potong kepiting soka menjadi 4 bagian. Sisihkan.
– Kocok telur dan bawang parut hingga rata. Sisihkan.
– Campur tepung maizena, tepung terigu, merica, dan garam.Aduk rata.
– Celupkan tiap-tiap potongan kepiting soka ke dalam telur kocok. Gulingkan ke dalam campuran tepung hingga rata.
– Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning dan garing.Angkat dan tiriskan.
– Sajikan hangat.

About these ads

3 thoughts on “Budidaya Kepiting Soka- Bisnis yang menjanjikan?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s